Kunci Tes Formatif Modul 1 KB 1 PPG Daljab
Teman-teman yang berbahagia kali ini saya akan coba berikan contoh kunci jawaban tes formatif modul 1 bagian 1 PPG Daring 2019.
Materi tes formatif modul 1 adalah seputar karakteristik guru dan siswa abad 21.
Jadi pastikan dulu untuk membaca modul belajarnya. Soal bisa berubah sewaktu-waktu oleh LPTK.
1. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari:
a. Diterminisme ICT
b. Diterminisme budaya
c. Diterminisme teknologi dan efek media
d. Diterminisme teknologi
e. Diterminisme sosial
2. Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?
a. Media konvergensi
b. Media Berbasis web
c. Media Berbasis TIK
d. Multimedia
e. Media transformasi
3. Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar
a. Memfasilitasi pembelajar kekinian
b. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
c. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
d. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
e. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
4. Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah
a. Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran.
b. Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru
c. Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
d. Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.
e. Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran.
5. Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
a. Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media.
b. Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran.
c. Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak menimbulkan pengaruh buruk
d. Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan baru ini.
e. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.
6. Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
a. Sebagai media hibran
b. Sebagai media promosi
c. Sebagai media komunikasi
d. Sebagai media literasi
e. Sebagai media sumber belajar
7. Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut
a. Situational tools
b. Interacting with others
c. Independent tools
d. Interactive tools
e. Alternative tools
8. Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia
a. wiki
b. podcast
c. blog
d. web
e. proquest
9. Berikut yang bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah
a. Personal Response System (PRS)
b. Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
c. Community of Practice (Komunitas Praktik)
d. Interactive Instruction and Personal Response System
e. Interacting with others
10. Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan
Question 10 options:
a. Semakin merosotnya nilai-nilai karakter siswa
b. Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
c. Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
d. Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital.
e. Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
Baca juga >>> Kunci Modul 1 KB 2
Materi tes formatif modul 1 adalah seputar karakteristik guru dan siswa abad 21.
Jadi pastikan dulu untuk membaca modul belajarnya. Soal bisa berubah sewaktu-waktu oleh LPTK.
Daring Modul 1 KB 1 PPG 2019 |
1. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari:
a. Diterminisme ICT
b. Diterminisme budaya
c. Diterminisme teknologi dan efek media
d. Diterminisme teknologi
e. Diterminisme sosial
2. Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?
a. Media konvergensi
b. Media Berbasis web
c. Media Berbasis TIK
d. Multimedia
e. Media transformasi
3. Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar
a. Memfasilitasi pembelajar kekinian
b. Model Kerja dan Belajar Digital-Age
c. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
d. Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
e. Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
4. Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah
a. Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran.
b. Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru
c. Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
d. Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.
e. Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran.
5. Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
a. Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media.
b. Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran.
c. Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak menimbulkan pengaruh buruk
d. Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan baru ini.
e. Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.
6. Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
a. Sebagai media hibran
b. Sebagai media promosi
c. Sebagai media komunikasi
d. Sebagai media literasi
e. Sebagai media sumber belajar
7. Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut
a. Situational tools
b. Interacting with others
c. Independent tools
d. Interactive tools
e. Alternative tools
8. Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia
a. wiki
b. podcast
c. blog
d. web
e. proquest
9. Berikut yang bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah
a. Personal Response System (PRS)
b. Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
c. Community of Practice (Komunitas Praktik)
d. Interactive Instruction and Personal Response System
e. Interacting with others
10. Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan
Question 10 options:
a. Semakin merosotnya nilai-nilai karakter siswa
b. Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
c. Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
d. Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital.
e. Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
Baca juga >>> Kunci Modul 1 KB 2