Lengkap - Soal Bangun Brand-Mu Sendiri Mapel Prakarya Kelas 11 SMA/MA
Soal Bangun Brand-Mu Sendiri Mapel Prakarya Kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan soal dari materi Laporan Kegiatan Usaha Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Soal Bangun Brand-Mu Sendiri Mapel Prakarya Kelas 11 SMA/MA |
Soal Bangun Brand-Mu Sendiri Mapel Prakarya Kelas 11 SMA/MA
Soal Bangun Brand-Mu Sendiri Mapel Prakarya Kelas 11 SMA/MA - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Bangun Brand-Mu Sendiri Mapel Prakarya Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal Bangun Brand-Mu Sendiri Mapel Prakarya Kelas 11 SMA/MA SELAMAT MENGUNDUH YAA..
Berikut rumpunnews memberikan Soal Bangun Brand-Mu Sendiri Mapel Prakarya Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
Pilihlah jawaban yang tepat !
1. Tono, Aldi, Mira dan Desi berkumpul bersama untuk membicarakan tugas pelajaran PKWU, mereka mengalami kesulitan dalam menemukan ide bisnis mereka. Metode atau teknik apa yang sebaiknya digunakan mereka dalam menjaring ide bisnis…
a. Stimulasi Acak
b. Brainstorming
c. 5 Mengapa?
d. How Might We
e. Analisis SWOT
2. Dina sedang membuat sebuah produk uji coba berupa kerajinan lampu hias dari bahan botol plastik, proses/tahap yang sedang dilalui oleh Dina dalam Design Thinking disebut…
a. Empathize
b. Define
c. Ideate
d. Prototype
e. Test
3. Dalam metode Design Thinking, Tahapan dimana kalian harus dapat mendidentifikasi serta menentukan masalah yang akan diselesaikan adalah tahap …
a. Empathize
b. Define
c. Ideate
d. Prototype
e. Test
4. Seorang pengusaha mencoba untuk melakukan analisa pada ide usahanya, dia mencatat semua hal yang menjadi pembeda produknya dengan produk lainnya. Didalam analisa SWOT upaya yang dilakukan oleh pengusaha itu masuk kedalam elemen…
a. Kekuatan (strength)
b. Ancaman (threats)
c. Peluang (opportunities)
d. Persaingan (rival)
e. Kelemahan (weakness)
5. Pola mempertanyakan sesuatu dengan secara terus menerus untuk menghasilkan jawaban yang layak adalah salah satu pengertian dari teknik proses pencarian ide yaitu…
a. Stimulasi Acak
b. Brainstorming
c. 5 Mengapa?
d. How Might We
e. Analisis SWOT
6. Tahap untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen pada metode Design Thinking adalah tahap …
a. Empathize
b. Define
c. Ideate
d. Prototype
e. Test
7. Yang bukan merupakan bagian dari analisa SWOT adalah…
a. Kekuatan (strength)
b. Ancaman (threats)
c. Peluang (opportunities)
d. Persaingan (rival)
e. Kelemahan (weakness)
8. Sebuah usaha dalam membuat "ide baru, pemikiran kreatif, imajinasi baru, metode baru" agar memiliki nilai tambah dari keadaan sebelumnya disebut dengan …
a. Resiko
b. Solusi
c. Peluang
d. Inovasi
e. Ide Bisnis
9. Dibawah ini merupakan limbah rumah tangga berbentuk bangun ruang, kecuali …
a. Botol Plastik
b. Botol Kaca
c. Kertas Bekas
d. Styrofoam
e. Kaleng
10. Sebuah simbol yang berfungsi sebagai identitas sebuah brand merupakan sebuah pengertian dari…
a. Logo
b. Warna Brand
c. Tagline/Slogan
d. Brand
e. Branding
11. Hal yang membedakan produk atau jasa anda dari para pesaing lainnya adalah…
a. Target Market
b. SWOT
c. Organisasi
d. Distribution Channel
e. Unique Selling Proposition
12. Singkatan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar merupakan pengertian dari…
a. Brand Association
b. Akronim
c. Distribution Channel
d. Unique Selling Proposition
e. Target market
13. Berikut ini yang merupakan komponen sebuah organisasi usaha yang menangani segala proses pembuatan sebuah produk usaha yaitu…
a. Financial
b. Marketing
c. Buyer
d. Sumber Daya Manusia
e. Produksi
14. Marketing Tools yang tepat digunakan untuk produk berbentuk makanan adalah berupa ….
a. Video Company Profile
b. Brosur Company Profile
c. Kartu Nama
d. Sampel Produk
e. Prototipe
15. Salah satu komponen branding yang utama selain logo dan tagline/slogan adalah
a. Ide Usaha
b. Nama Brand
c. Warna
d. Unit Selling Proposition
e. Distribution Channel
Kunci Jawaban dan Pembahasan Evaluasi
1. B. Brainstorming
Brainstorming akan sangat tepat digunakan dalam situasi berkelompok dimana setiap anggota kelompok dapat memberikan pendapat serta alasan mereka mengemukakan ide-ide mereka.
2. D. Protoype
Prototype merupakan tahap dimana sebuah produk dibuat purwa-rupa untuk dapat dilakukan sebuah pengujian demi mendapatkan feedback/umpan balik dari konsumen.
3. B. Define
Define merupakan tahap dimana hasil dari tahap empathize di analisa untuk dapat ditentukan akar permasalahan apa yang akan dicarikan solusinya.
4. A. Kekuatan (strength)
Dalam analisa SWOT menentukan kekuatan usaha kita termasuk pembeda produk kita dari produk lainnya merupakan Kekuatan (strength) yang harus dimunculkan.
5. C. 5 Mengapa?
5 Mengapa yang di gagas oleh Socrates merupakan metode untuk mendapatkan jawaban yang valid tentang sebuah permasalahan, metode ini dilakukan dengan cara mempertanyakan secara terus menerus permasalahan tersebut dengan kata mengapa? Untuk setiap jawaban yang didapat.
6. E. Test
Test merupakan tahap Design Thinking dimana kita menguji prototype (purwarupa) produk kalian untuk mendapatkan umpan balik sebagai bahan evaluasi menuju produk yang layak jual.
7. D. Persaingan (rival)
Persaingan (rival) tidak termasuk dalam analisis SWOT, walaupun kompetitor/ pesaing termasuk dalam kategori Ancaman (Threats).
8. D. Inovasi
Inovasi secara definidi merupakan sebuah usaha dalam membuat "ide baru, pemikiran kreatif, imajinasi baru, metode baru" agar memiliki nilai tambah dari keadaan sebelumnya.
9. C. Kertas Bekas
Kertas bekas tidak termasuk dalam limbah rumah tangga berbentuk bangun ruang karena masuk kedalam kategori limbah rumah tangga berbentuk bangun datar.
10. A. Logo
Logo dapat diartikan sebuah simbol yang berfungsi sebagai identitas sebuah brand.
11. E. Unique Selling Proposition
Unique Selling Proposition atau disingkat USP, dapat diartikan sesuatu hal yang membedakan produk atau jasa kalian dari para pesaing lainnya.
12. B. Akronim
Akronim merupakan singkatan yang berupa gabungan huruf atau suku kata, atau bagian lain yang ditulis dan dilafalkan sebagai kata yang wajar. Dalam menentukan nama Brand akronim sering digunakan seperti ABC yang sudah dijelaskan pada materi pembelajaran atau produk COMPAQ yang merupakan singkatan dari "Compatibility and Quality".
13. E. Produksi
Menurut definisinya Produksi merupakan suatu proses mengubah bahan baku menjadi barang jadi atau menambah nilai suatu produk (barang dan jasa), ini berarti segala bentuk pembuatan sebuah produk masuk dalam tahap produksi.
14. D. Sampel Produk
Sampel Produk cocok digunakan dalam produk makanan dimana konsumen dapat langsung merasakan rasa, bentuk serta tekstur produk makanan secara langsung, dan kalian dapat langsung menanyakan feedback/umpan balik hingga respon konsumen terhadap produk kalian.
15. C. Warna
Warna berperan sangat penting dalam proses branding, dalam sebuah penelitian mendaparkan hasil bahwa seseorang dapat mengambil keputusan terhadap orang lain, lingkungan maupun produk dalam waktu hanya 90 detik karena pengaruh warna.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Soal Bangun Brand-Mu Sendiri Mapel Prakarya Kelas 11 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Bangun Brand-Mu Sendiri File ini dalam Bentuk .word File Size 74Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com
Baca juga yang sejenis
Pencarian yang paling banyak dicari
- tahap untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen pada metode design thinking adalah tahap
- cara membuat brand clothing sendiri
- cara membuat brand sendiri
- konveksi untuk brand sendiri
- cara membuat brand hijab sendiri
- manual brand adalah
- stimulasi acak adalah
- jaminan tentang keamanan pada saat orang menggunakan suatu produk kerajinan merupakan unsur