Materi Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Materi Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!

Materi Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA
Materi Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA

Kalian adalah penerus bangsa yang sangat cerdas, maka kecerdasan kalian pergunakan untuk mengembangkan diri sendiri dan bangsa. Materi prakarya dan kewirausahaan menanamkan jiwa kepemimpinan dan kreatifitas yang tinggi dalam mengembangkan diri, dapat berupa mengembangkan usaha sendiri atau kelompok. Salah satu usaha yang dapat dikembangkan adalah dari aspek kerajinan, dimana didalamnya kalian dapat menyusun perencanaan usaha kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal, meliputi ide dan peluang usaha, sumber daya, administrasi, dan pemasaran, manfaat materi ini dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan bisa menjadi sumber pendapatan diusia muda,  selamat mempelajari dengan semangat!  

Istilah

  • Bagan : Gambar rancangan, skema, diagram yang memperlihatkan informasi sebagai serangkaian garis atau blok. 
  • Kerajinan : Kegiatan yang menitik beratkan kepada keterampilan 
  • Grafik : Lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis atau gambar (tentang turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya) 
  • Riset : Pengamatan atau penelitian 
  • strenght : Kekuatan produk 
  • weeknws : Kelemahan produk 
  • Opportunity : Peluang suatu produk 
  • Threat : Hambatan yang mempengaruhi suatu produk 
  • modifikasi : Cara merubah produk dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik 
  • Varian : Beraneka ragam atau banyak jenis dari produk 
  • Analisis : Proses pemecahan suatu masalah 
  • Perencanaan  : Proses  
  • Wirausaha : Aktivitas dalam mengelola produk 
  • Kreatif : Menciptakan sesuatu yang berbeda 
  • Inovatif : Memulai sesuatu yang baru 
  • Ide : Gagasan 
  • Peluang : Kesempatan 

A. Tujuan Pembelajaran 

 Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran ini diharapkan kalian dapat menjelaskan dan  memahami serta menggali ide dan peluang kerajinan berdasarkan kebutuhan dan kerajinan pasar lokal 

B. Uraian Materi 

Ide dan peluang usaha 
Ciri-ciri peluang usaha yang potensial, antara lain: 
  • Mempunyai nilai jual tinggi. 
  • Bukan hanya sekedar ambisi tetapi harus bersifat nyata. 
  • Bisa bertahan lama atau berkelanjutan di pasar, 
  • Skala usaha itu dapat diperbesar atau ditingkatkan. 
  • Tidak terlalu banyak modal yang digunakan, investasinya tidak terlalu besar tetapi sangat berpotensi menguntungkan dan lain sebagainya. 
Ciri-ciri peluang usaha yang baik sebagai berikut: 
  • Peluang usaha tidak meniru orang lain tetapi asli hasil riset dan pemikiran diri sendiri. 
  • Peluang harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan di pasar. 
  • Adanya keyakinan dapat mewujudkannya. 
  • Peluang itu harus sesuai dengan kehendak. 
  • Kelayakan usaha tersebut telah teruji. 
  • Adanya rasa senang apabila menjalankannya. 
Faktor yang mempengaruhi munculnya inspirasi peluang usaha, yakni: 
Faktor Internal
  • Wawasan atau pengetahuan yang ada pada diri sendiri 
  • Pengalaman pada dunia bisnis atau usaha 
  • Pengalaman dan kemampuan ketika menyelesaikan suatu masalah 
  • Kemampuan atau pemahaman terhadap sesuatu atau situasi kondisi 
Faktor Eksternal 
  • Masalah yang muncul dan dihadapi dan belum terselesaikan 
  • Kesulitan dalam mencari solusi masalah 
  • Pemikiran yang baik untuk membuat sesuatu yang baru dari suatu kondisi 
  • Keperluan yang belum tercapai atau terpenuhi untuk diri sendiri ataupun orang lain. 
(Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/03/peluang-usaha.html) 

Riset Pasar  

Riset ini dimaksudkan untuk membantu dalam langkah-langkah perencanaan usaha yang akan kalian lakukan dalam merencanakan usaha  kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan lingkungan sekitar/pasar lokal 
 
Silahkan kalian perhatikan bagan riset pasar dibawah ini! 

Bagan 1.  Langkah- langkah riset pasar 
 
Jika kalian sudah memahami bagan riset pasar diatas coba perhatikan bagan skema proses dalam wirausaha kerajinan berikut! 


Disajikan contoh  riset pasar  yang dikembangkan dalam skema langkah-langkah perencanaan usaha 

Analisa SWOT  

Analisis SWOT adalah suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis SWOT pada usaha (produk kerajinan) didasarkan pada asumsi bahwa strategi yang efektif adalah dengan memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), serta meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats). 
 
Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha (produk kerajinan) sebagai alat penyusun strategi. Analisis SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang tetapi secara bersamaan dapat menimbulkan kelemahan dan ancaman. 
Analisis SWOT dapat menentukan strategi pengembangan usaha ( produk  kerajinan ) dalam jangka panjang sehingga arah tujuan dapat dicapai dengan  jelas dan dapat dilakukan pengambilan keputusan secara tepat 
 Analisis SWOT dilakukan dengan mewawancarai pengusaha (kerajinan) dengan menggunakan kuisioner. Hal-hal yang perlu diwawancarai seperti aspek sosial, ekonomi, dan teknik produksi untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberhasilan usaha. 
 
Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menganalisis peluang usaha.  Perhatikan bagan berikut! 

Streanghts ( Kekuatan)
  1. Totebag yang di produksi dapat didesain oleh konsumen sesuai keinginannya, sehingga satu Totebag dengan yang lainnya mempunyai keunikan atas desainnya masing – masing. 
  2. Bahan kanvas dan blacu merupakan bahan berkualitas tinggi, yang memiliki umur pemakaian yang relatif lama. 
  3. Harga yang ditawarkan masih dalam kisaran harga dipasaran, sehingga terjangkau oleh semua kalangan.
Weekness ( Kelemahan) 
  1. Waktu yang dibutuhkan untuk produksi barang cukup memakan waktu yang lama. 
  2. Kuota bahan baku tidak tetap. 
Opportunity * peluang )  
  1. Keinginan anak muda akan sesuatu barang yang simple  dan tidak ribet. 
  2. Banyak orang yang menginginkan barang dengan desainnya sendiri. 
  3. Banyaknya brand sejenis dengan kualitas produk kurang baik.
Threat ( Ancaman)
  1. Dijaman era digital dewasa ini, membuat pesaing dapat dengan mudah melihat produk. 
  2. Banyak pesaing yang menjual produk yang sama. 
Gambar 2.  Analisis produk kerajinan,  
http://radenrhyt.blogspot.com/2018/01/proposal-usaha-utilis-store-danlir.html 
 
Setelah menganalisis produk berdasarkan analisis SWOT maka akan memunculkan peluang berasal dari kesempatan yang muncul dan menjadi ide bagi individu atau kelompok dalam memulai atau merencanakan sebuah usaha. 

C. Rangkuman 

  1. Ada dua faktor yang mempengaruhi munculnya inspirasi peluang usaha, yakni faktor internal dan faktor eksternal. 
  2. Riset pasar sangat dibutuhkan untuk membantu dalam menyusun perencanaan usaha sebelum memulai satu usaha. 
  3. Salah satu cara untuk menganalisis peluang usaha adalah dengan melakukan SWOT Analisis. 
  4. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pengembangan usaha (produk kerajinan) sebagai alat penyusun strategi.  
  5. Analisis SWOT didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang tetapi secara bersamaan dapat menimbulkan kelemahan dan ancaman 

D. Penugasan Mandiri 

Untuk lebih memahami perencanaan usaha coba kalian pikirkan kerajinan khas yang ada di daerah lingkungan sekitar atau kerajinan yang ada di daerah lain di Indonesia. Terapkan skema proses dalam wirausaha kerajinan untuk pengembangan kerajinan tersebut  kemudian kaliam buat analisis SWOT !
 

E. Latihan Soal 

 
Pilihlah jawaban yang paling benar dari soal dibawah ini ! 
1.Totebag yang di produksi dapat didesain oleh konsumen sesuai keinginannya, sehingga satu Totebag dengan yang lainnya mempunyai keunikan atas desainnya masing – masing.  pernyataan tersebut dapat termasuk kedalam analisis … 
a.  Peluang  
b. Kelemahan 
c. Kekuatan   
d. Ancaman 
e. Hambatan 
 
2. Perhatikan pernyataan dibawah ini  
  1. Keinginan anak muda akan sesuatu barang yang simple  dan tidak ribet 
  2. Harga yang ditawarkan masih dalam kisaran harga dipasaran, sehingga terjangkau oleh semua kalangan. 
  3. Banyak orang yang menginginkan barang dengan desainnya sendiri 
  4. Dijaman era digital dewasa ini, membuat pesaing dapat dengan mudah melihat produk. 
Dari Tabel diatas yang termasuk hal yang harus diperhatikan dalam analisis peluang  adalah … 
a. 1 dan 2 
b. 1 dan 3 
c. 1 dan 4 
d. 2 dan 3 
e. 2 dan 4 

3. Rita  melakukan riset pasar ke toko kain, Rita bertanya  mengenai permasalahan bahan baku yang akan digunkan, maka tahapan pertama yang dilakukan rita adalah … 
a. Perumusan masalah 
b. Mengumpulkan data 
c. Menganalisis data 
d. Interpretasi hasil 
e. penentuan tujuan 

4. Riset pasar atau riset pemasaran dilakukan untuk mengetahui  
  1. Desain produk, kemasan dll 
  2. Pengumpulan data 
  3. Analisis  
  4. Pelaporan yang sistematis 
  5. Menganalisis kelemahan 
  6. Menganalisis kekuatan 
Dari pernyataan diatas yang benar adalah … 
a.  1,2,3,4 
b. 1,2,3,5 
c. 1,2,3,6 
d. 2,3,4,5 
e. 2,3,4,6 

5. Berta memiliki keinginan membuka usaha kerajinan tangan yang terbuat dari bambu,  tetapi tini tidak tahu harus memulai usahanya dari mana, maka hal pertama yang harus dilakukan berta adalah …. a. Analisis internal 
b. Analisis eksternal 
c. Analisis SWOT 
d. Riset pasar 
e. Merancang produk  

Kunci Jawaban Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 2 

1. 
2. B 
3. A 
4. A 
5. D 
 

F. Penilaian Diri 

 
Berilah tanda (√) pada kolom dibawah ini!
 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan Dan Kerajinan Pasar Lokal Mapel Prakarya kelas 12 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Menggali Ide Dan Peluang Kerajinan Berdasarkan Kebutuhan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.rumpunnews.com

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • contoh ide dan peluang usaha kerajinan pasar lokal
    • yang termasuk faktor eksternal dalam menentukan ide dan peluang adalah
    • skema proses dalam perencanaan usaha kerajinan berdasarkan kebutuhan dan keinginan
    • tantri wirausahawan dari daerah sumatera
    • pasar lokal merupakan salah satu tempat yang sangat strategis untuk pengembangan produk
    • contoh kerajinan pasar lokal
    • wirausahawan yang mampu berkembang adalah wirausahawan yang selalu
    • mirza menciptakan produk kerajinan aksesoris 

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel